The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Monday, August 22, 2011

Perilaku Kepemimpinan Berpengaruh Terhadap Kinerja Organisasi

Perilaku kepemimpinan (servant leadership) berpengaruh terhadap kinerja. Semakin tinggi tingkat perilaku kepemimpinan justru akan meningkatkan kinerja tim di sebuah organisasi. Nilai-nilai perilaku kepemimpinan itu ditunjukkan dengan perilaku cinta kasih, pemberian wewenang kepada bawahan, perhatian terhadap visi organisasi, memiliki jiwa kesederhanaan.

''Dimensi dalam kepemimpinan itu yaitu love, empowerment, vision, humility dan trust merupakan bentuk tata nilai pemimpin. Pemimpin yang berbasis tata nilai akan dapat meningkatkan kinerja,'' kata Samiyanto dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Psikologi UGM.

Dosen Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta itu mengatakan, dari hasil penelitiannya kinerja pemimpin tidak terlepas dari hasil kinerja organisasional (kinerja tim). Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat perhatian kemanusiaan pemimpin kepada anggota, pendelegasian wewenang, perhatiannya terhadap visi organisasi, serta sikap kesederhanaan seorang pemimpin akan berpengaruh positif terhadap kinerja tim.

"Tugas dan peran pemimpin tidak hanya mencapai tujuan organisasi yang bersifat fisik dan social-psikologis, tetapi juga bertanggungjawab dan memiliki peran dalam membangun diri dan anggotanya untuk menjadi manusia mulia, luhur, dan terhomat," katanya.

Yang tidak kalah penting, pengembangan kepemimpinan yang dibarengi dengan peningkatan spiritualitas. Selain akan meningkatkan perilaku servant leadership yang akan berdampak langsung pada peningkatan kinerja, juga akan dapat memberikan pandangan baru atau paradigma spiritualitas tentang peran dan tugas pemimpin.

Dengan demikian, pemimpin dan kepemimpinan dipandang bukan sekedar simbol sosial atau jabatan tetapi lebih utama adalah pemimpin dan kepemimpianan, adalah peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan manusia spiritual, manusia dalam organisasi yang mulia, luhur dan terhormat perilakunya.

''Tingkat spiritualitas pemimpin berpengaruh nyata baik terhadap tingkat modal psikologis maupun terhadap tingkat perilaku pemimpin. Semakin tinggi tingkat spiritualitas pemimpin, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepercayaan diri, harapan masa depan, daya bangkit dan optimisme,'' ujarnya.

Setelah mempertahankan disertasinya itu. Samiyanto berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Bertindak sebagai promotor Prof Djamaludin Ancok PhD, dan ko-promotor Prof Dr Faturochman MA, dan Subandi MA PhD.

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/06/23/89634/Perilaku-Kepemimpinan-Berpengaruh-Terhadap-Kinerja-Organisasi

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bookmark and Share

Site Meter

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP