The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Thursday, December 09, 2010

Nobel untuk Kredit Mikro

Siapa bilang lembaga keuangan mikro (LKM) yang secara khusus untuk melayani permodalan bagi orang miskin tidak bisa tumbuh berkembang. Buktinya di Bangladesh, LKM justru tumbuh berkembang sangat pesat menjadi sebuah bank raksasa, bernama Grameen Bank dengan kantor cabang mencapai 2.226 unit tersebar di 71.371 desa di negara itu.

Bahkan, kesuksesan program kredit mikro tersebut telah mengantarkan Muhammad Yunus, penggagas dan sekaligus pendiri Grameen Bank memperoleh penghargaan nobel perdamaian tahun 2006. Profesor ekonomi di Universitas Cittagong - Bangladesh ini memang ‘otak’ di balik suksesnya program kredit mikro yang dikembangkan di wilayah perdesaan Bangladesh.

Grameen Bank, yang cikal bakalnya kredit mikro, adalah wujud sukses dari perjuangan gigih Muhammad Yunus. Proyek tersebut membuktikan bahwa penyaluran kredit bagi masyarakat miskin bukanlah sesuatu yang tidak mungkin digulirkan dalam mengatasi kemiskinan. Kini, model kredit mikro yang dibangun Muhammad Yunus itu dicontoh oleh sekitar 40 negara.

Yang menjadi pertanyaan saya, mengapa model seperti Grameen Bank tidak bisa berkembang di Indonesia. Padahal Indonesia juga termasuk gudangnya masyarakat miskin.

Tahun 1960-an kita pernah memiliki sejumlah bank koperasi yang pelayanannya mirip dengan Grameen Bank. Tapi entah bagaimana bank-bank tersebut raib entah kemana. Belakangan muncul Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin), juga untuk melayani petani dan koperasi. Tapi, lagi-lagi misi bank itu semakin kabur. Lantas, apa yang salah dengan bangsa ini? Mengapa kredit mikro tidak bisa berkembang di negeri yang masih dibalut kemiskinan ini?

Sumber : http://www.majalah-pip.com/majalah2008/readstory.php?cR=1290642594&pID=9&stID=432

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bookmark and Share

Site Meter

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP