The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Tuesday, December 21, 2010

Analisis Swot Dalam Credit Union

Dalam manajemen koperasi, perencanaan strategis adalah pengambilan keputusan saat ini untuk pelaksanaan koperasi pada masa datang. Pengambilan keputusan dalam organisasi Koperasi Indonesia harus mempertimbangkan sumber daya, kondisi saat ini serta peramalan terhadap keadaan yang mempengaruhi koperasi dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan alat untuk melihat ke dalam dan ke luar secara jernih. Diperlukan alat analisis yang banyak juga digunakan dalam sistem manajemen modern yang kita kenal dengan nama SWOT. Analisis SWOT bagaikan sebuah pelita dalam manajemen. Ada 4 unsur dalam analisis SWOT, yaitu: S – Strength, W – Weaknesses, O – Opportunities, T – Threats.

S – Strength
1. Gerakan Koperasi Kredit Indonesia semakin tumbuh dan berkembang
2. Adanya semangat solidaritas dengan didukung pelaksanaan 5 Wajib
3. Pelayanan yang didukung oleh manajemen full timer
4. Sistem komunikasi dan transformasi data yang semakin canggih
5. Iniasatif dimulai oleh calon anggota
6. Ada komitmen para inisiatornya
7. Memiliki penghasilan
8. Memiliki fasilitas
9. Ada jaringan
10. Bercita-cita untuk maju dan sejahtera

W – Weaknesses
1. Pelayanan yang masih terkesan agak lama
2. Proses analisa yang belum didukung oleh software yang terpadu
3. Sistem pelaporan data pendukung yang belum seragam
4. Sistem monitoring dan pengawasan belum berjalan optimal
5. Aktivis yang menjabat sebagai dewan pengurus, pengawas dan staf di kantor masih memiliki pengetahuan yang terbatas tentang.CU
6. Tenaga Pendidikan Dasar CU (DIKSAR) untuk anggota masih sangat minim
7. Banyak anggota yang hanya lebih mengutamakan untuk cepat pinjaman/kredit, sementara semangat menabung masih minim.
8. Kurangnya semangat rela berkorban dari Dewan Pengurus, pengawas dan staf manajemen. Bekerja hanya kalau digaji atau dibayar
9. Pendapatan rata-rata rendah
10. Serba kontrakan
11. Belum memahami CU secara mendalam
12. Menabung belum menjadi budaya
13. Gaya hidup konsumtif

O – Opportunities
1. Kebutuhan perlindungan yang semakin variatif di tingkat kopdit maupun para anggotanya
2. Kopdit semakin dikenal di kalangan masyarakat umum
3. DAPERMA dapat menjadi salah satu ikon produk unggulan dalam pengembangan kopdit ke depan
4. Setiap orang pada dasarnya ingin hidup sejahtera.
5. CU adalah lembaga pengembangan ekonomi dan usaha
6. CU memiliki keunggulan tersendiri
7. CU membuat orang cerdas dan mapan finansial (CU menjadi solusi yang masuk akal menuju kemapanan finansial)
8. Jumlah penduduk yang membutuhkan pelayanan keuangan seperti CU besar
9. CU menjadi alternatif pilihan masyarakat yang menarik jika dibandingkan dengan berbagai produk MLM yang berkembang di pasar

T - Threats:
1. Perusahaan Asuransi swasta yang banyak menawarkan produknya ke kopdit maupun para anggotanya
2. Kesadaran para anggota/kopditnya akan pentingnya ber asuransi yang masih minim
3. Semakin tingginya trend kematian di tingkat anggota kopdit
4. Persaingan antar CU yang tidak profesional dan konvensional
5. Persaingan bunga di pasar
6. Rentenir dan bank yang dapat sewaktu-waktu menggunakan preman

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bookmark and Share

Site Meter

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP