The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Monday, August 06, 2012

Mengenali Risiko Bisnis

Ketika bisnis anda pada fase “start up”, problem utama adalah bagaimana Memasarkan / Menjual Produk atau Jasa agar menjadi Penjualan / Omzet.
Omzet akan menghasilkan Cashflow yang lancar plus Margin yang cukup, sehingga Perusahaan yang dikelola bisa survive dan berkembang.

Peningkatan Omzet, otomatis akan menimbulkan problem kedua, yaitu Produksi (pengadaan bahan baku/pembantu, kapasitas mesin, gudang, dll), atau Operasional (pasokan barang, management stok, distribusi produk, supplier, dll).

Problem kedua menimbulkan derivat problem ketiga, yakni problem Finansial untuk mencukupi peningkatan Biaya Produksi atau Biaya Operasional, bahkan untuk pembiayaan Investasi, misal : membeli Mesin, Peralatan Produksi, Gudang, Kendaraan Bermotor, dll.

Derivat problem berikutnya adalah problem paling pelik, yaitu SDM. Problem menjadi pelik karena yang kita hadapi adalah mahluk hidup, sama seperti kita, yang pastinya mempunyai banyak keinginan dan impian… hehehe…

Pada tahap “start up”, anda “mungkin” masih bisa mengerjakan sendiri 4 fungsi tersebut di atas (Pemasaran, Produksi/Operasional, Finansial dan SDM), namun seiring meningkatnya Omzet, anda akan sering “pusing”, karena pada saat yang bersamaan, anda harus :

* Selalu tersenyum ketika menjelaskan spesifikasi Produk/Jasa kepada Customer, agar Customer memesan dan membeli Produk /Jasa yang anda tawarkan.

* Mengecek ketersediaan Stok , atau segera pesan ke Supplier bila Stok Kosong, atau membeli Bahan Baku untuk Produksi, atau mengerjakan Produk yang dipesan Customer, dan sekian banyak aktivitas Produksi/Operasional lainnya.

* Menyiapkan segala keperluan Finansial dari aktivitas Pemasaran (mengecek transfer dari Customer) sampai aktivitas Produksi/Operasional (belanja Bahan Baku, membayar Supplier, dll).

* Menjadi “karyawan” untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut di atas.

Sampai pada titik tertentu, anda masih dapat melayani Customer dengan baik, tanpa harus merekrut Karyawan, yang nota bene identik dengan Gaji, alias mengurangi Margin/Laba.

Well… apabila anda ingin mengembangkan bisnis yang dikelola, sebaiknya mulai mengenali risiko bisnis, antara lain mulai merekrut Karyawan, agar anda tidak tersandera dengan tugas-tugas rutin, yang sebenarnya bisa didelegasikan kepada Karyawan.

Eksistensi Karyawan memang membawa dampak bertambahnya Biaya, namun di sisi lain, sebagian tugas anda digantikan oleh Karyawan, dan anda dapat menggunakan waktu yang digantikan tersebut untuk aktivitas lain yang lebih penting, misalnya menggenjot Omzet (identik dengan naiknya Margin).

Naiknya Margin pasti cukup untuk menutupi Biaya Gaji ; Bahkan karena sisa Margin masih banyak, mungkin anda akan segera merekut Karyawan baru lagi, sehingga anda bisa menikmati “enaknya jadi Pengusaha”…. Isn’t that interesting ??

Sumber : https://betigaklaten.wordpress.com/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bookmark and Share

Site Meter

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP